Home / Berita Desa / Sukseskan Program Kesehatan Posbindu, Mahasiswa KKN Universitas Jenderal Soedirman Berpartisipasi dalam Kegiatan Posbindu di Desa Bojong

Sukseskan Program Kesehatan Posbindu, Mahasiswa KKN Universitas Jenderal Soedirman Berpartisipasi dalam Kegiatan Posbindu di Desa Bojong

Kader kesehatan Desa Bojong sedang melakukan pemeriksaan tensi darah pada lansia

by Admin Desa

PURBALINGGA – Rabu (17/07/2024) Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Bojong ikut serta dalam pelaksanaan Pos Binaan Terpadu (Posbindu) yang berkolaborasi dengan Pos Kesehatan Desa (PKD) dan kader kesehatan. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Gedung Serbaguna Desa Bojong dan diikuti sekitar 30 lansia. Posbindu diadakan setiap satu bulan sekali, tepatnya pada hari rabu di minggu ketiga.

Pos Binaan Terpadu (Posbindu) merupakan kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular terintegrasi serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko penyakit tidak menular. 

Foto bersama usai melakukan kegiatan Pos Binaan Terpadu (Posbindu) di Gedung Serbaguna Desa Bojong

Mahasiswa KKN ikut membantu dengan mengarahkan para lansia untuk mengikuti beberapa prosedur yang harus dilakukan. Ada beberapa pengecekan bagi lansia, antara lain pengecekan tensi darah, penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar perut, serta pengecekan gula darah. Selain itu, mahasiswa KKN juga mengikuti kegiatan senam bersama serta melakukan sosialisasi kesehatan gigi dan mulut pada lansia.

About Pemerintah Desa Bojong

Check Also

Volley Ball Sparring Partner “Sugimin Fun” di Desa Bojong Berlangsung Meriah

Volley Ball Sparing Partner “Sugimin Fun” di Lapangan Trikrida Sakti Desa Bojong, Kecamatan Mrebet, Purbalingga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *